5 Kebaikan Ini Bisa Makmurkan Masjid Al-Aqsha

Ragam kebaikan ini menjadi wasilah makmurkan Masjid Al-Aqsha dari jauh.

untukpalestina.comBanyak keutamaan yang didapatkan jika kita memakmurkan Masjid Al-Aqsha. Keutamaan ini bahkan tertera dalam ayat Al Qu’an dan hadist yang disampaikan Rasulullah Saw.  Kendati Masjid Al-Aqsha – Palestina masih berada dalam cengkeraman penjajahan, kita masih dapat memakmurkannya dari jauh melalui berbagai macam kebaikan. Apa saja itu? Simak informasi selengkapnya, sajian Yayasan Untuk Palestina, penghimpun donasi Palestina terpercaya.

Tak Bisa Sambangi Masjid Al-Aqsha? Kita Masih Bisa Berkirim “Minyak”!

(Jika tak dapat berkunjung langsung, kita dapat berkirim minyak ke kompleks Masjid Al-Aqsha/dok.Al Arabiya)
(Jika tak dapat berkunjung langsung, kita dapat berkirim minyak ke kompleks Masjid Al-Aqsha/dok.Al Arabiya)

Suatu hari seorang Shabiyat, Maimunah binti Sa’ad yang juga merupakan pembantu Rasulullah Saw menanyakan perihal kewajiban untuk mendatangi Al-Aqsha, kepada Rasul mulia itu. Kemudian Rasulullah menyebutkan sebuah hadis sebagaimana berikut ini:

أَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ رَسُولَ اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهَا قَالَتْ: يَاعَنْ مَيْمُونَةَ، مَوْلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى

فَابْعَثُوا بِزَيْتٍ يُسْرَجُ فِي وَتُصَلُّوا فِيهِ، تَأْتُوهُ فَإِنْ لَمْ» الْبِلَادُ إِذْ ذَاكَ حَرْبًا، وَكَانَتِ «ائْتُوهُ فَصَلُّوا فِيهِ»:فَقَالَ

قَنَادِيلِهِ»

Artinya:”dari Maimunah, budak yang dimerdekakan oleh Rasulullah Saw. Sesungguhnya dia berkata, “Wahai Rasulullah berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis”, Nabi bersabda, “Datangilah dan salatlah di sana. Bila engkau tidak bisa datang ke sana untuk menjalankan salat di dalamnya, maka kirimkan minyak untuk menerangi lampu-lampunya” (HR Abu Daud)

Ustaz Ali Farkhan Sani mengungkapkan, sebagaimana dilansir dalam Mina News, jika berkirim “minyak” di sini dapat diartikan secara luas adalah mengirim dukungan, bantuan, juga dapat berbentuk dukungan pembelaan baik secara lisan maupun tulisan.

Lebih jauh Ustaz Ahmad Musyafa, Lc. juga memberikan penjelasan seperti dilansir di laman International Aqsa Institute. Jika ketika kondisi kita berhalangan untuk datang ke Masjid Al-Aqsha, maka dapat diganti dengan dua amalan. Pertama, “mengirimkan minyak” dapat dilihat arti yang lebih luasnya dengan mengirimkan logistik untuk keperluan penjagaan dan pelindungan Masjid Al-Aqsha. Kedua, atau dapat menggantinya dengan salat di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram. Mengirimkan “tetesan minyak” berupa logistik, maupun sedekah untuk para penjaga Al-Aqsha memiliki potensi pahala yang besar. Selain mendapat pahala berjihad dengan harta, kita juga berpeluang mendapatkan keutamaan setara dengan salat di masjid yang diberkahi itu.

Keberkahan Masjid Al-Aqsha sendiri telah disebutkan di dalam ayat Al-Quran secara tekstual dan gambling, seperti tertera dalam Qs: Al-Isra ayat 1:

“Mahasuci Allah SWT, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjid Al-Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

 

Baca Juga : Ayo Bantu Bangun Masjidnya Orang Indonesia di Gaza-Palestina

 

Dimulai dari 5 Kebaikan Ini, Kita Bisa Makmurkan Masjid Al-Aqsha dari Jauh

Perjuangan para penjaga Al-Aqsha menjaga masjid suci ketiga umat Islam/dok.Adara Relief)
Perjuangan para penjaga Al-Aqsha menjaga masjid suci ketiga umat Islam/dok.Adara Relief)

5 kebaikan ini dapat juga menjadi wasilah untuk menjaga sekaligus memakmurkan Masjid Al-Aqsha dari jauh:

  1. Kirim Bantuan untuk Para Murabithah, Penjaga Masjid Suci Ketiga Umat Islam

Para murabithah menjadi garda terdepan dalam menjaga Masjid Al-Aqsha dari penjajah. Kendati kerap mendapat kekerasan, intimidasi dan perlakuan tak semena-mena, para murabithah tetap setia untuk menjaga masjid suci ketiga bagi umat Islam itu. Maka, kiriman kebaikan berupa bantuan dari kita, menjadi penguat perjuangan para penjaga Al-Aqsha.

 

  1. Lengkapi Fasilitas Perpustakaan

Selain menjadi benteng penjaga Masjid Al-Aqsha, para murabithah juga merangkap sebagai pengajar anak-anak Palestina. Kita dapat bantu, dengan melengkapi perpustakaan dan buku-buku edukasi bagi pengajar dan anak-anak Palestina. Bantuan yang kita kirimkan dapat menjadi sarana menambah wawasan bagi anak-anak Palestina.

 

  1. Dukung Penuh Halaqah Quran di Masjid Al-Aqsha

Halaqah Al-Quran menjadi salah satu sarana menambah keberkahan Masjid Al-Aqsha yang diberkahi. Kita dapat mendukung penuh halaqah-halaqah Al-Quran di Masjid Al-Aqsha, dengan bantu melengkapi bahan ajar dan perangkat edukasi pelajaran Al-Quran, serta ilmu pengetahuan lainnya. Walau Halaqah Al-Quran ini kerap mendapat hadangan dari penjajah Israel, tetapi dukungan kita akan semakin menguatkan perjuangan penduduk Palestina mencetak hafidz penjaga masjid suci ketiga umat Islam.

 

  1. Berdayakan Para Wanita Al-Aqsha

Salah satu bentuk kebaikan lainnya adalah dengan mendukung pemberdayaan wanita-wanita di sekitar Masjid Al-Aqsha. Pertemuan rutin pekanan ini dirancang untuk memberikan edukasi dan sebagai forum yang mewadahi para wanita melalui kegiatan lokakarya, ceramah, maupun pertemuan berbentuk seminar yang diisi oleh pengisi terkemuka. Dengan banyaknya kegiatan yang digelar di Masjid Al-Aqsa dan Kota Tua Al-Quds, menjadi penguat jika masjid suci dan tanah anbiya adalah milik umat Islam.

  1. Berbagi Kebahagiaan di Hari Besar Islam
    (Raut wajah bahagia anak-anak Palestina menerima titipan iftar dari masyarakat Indonesia/dok. Yayasan Untuk Palestina)
    (Raut wajah bahagia anak-anak Palestina menerima titipan iftar dari masyarakat Indonesia/dok. Yayasan Untuk Palestina)

    Kedekatan yang telah terjalin erat antara Indonesia dan Palestina tak hanya dalam program tertentu saja. Hari-hari besar Islam juga tak lepas menjadi ajang berbagi bahagia bersama. Seperti pada bulan Ramadhan dengan agenda iftar bersama, merayakan Idul Fitri di Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza. Hingga berbagi berkahnya dan segarnya daging qurban dari saudara-saudara muslim di Indonesia, untuk saudara di Palestina.

    Sahabat, dengan mendukung kegiatan kebaikan-kebaikan ini, menjadi salah satu implementasi dari berkirim “minyak” untuk Al-Aqsha pada masa kini. Semoga segala bentuk sokongan positif kita terhadap Masjid Al-Aqsha, menjadi satu tanda bahwa kita selalu bersama masjid suci dan untuk Palestina, negeri yang diberkahi itu. (itari/untukpalestina)

    Sahabat dapat ikut memberikan dukungan terhadap serangkaian kebaikan untuk memakmurkan Masjid Al-Aqsha, dengan turut serta mendukung program Untuk Al-Aqsha, Klik di sini.

     

    Hubungi Call Center kami di nomor (0812 1100 3876) untuk mendapatkan informasi lengkap

    Sahabat dapat juga menyalurkan donasi langsung melalui bank transfer:

    Bank Syariah Mandiri
    (451) 7 2018 3101 8
    a.n Yayasan Untuk Palestina
    ⁣⁣

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer