Persembahan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Rp 1000000000000

Campaign Target

0

Donations
Donated 0%
Rp 1000000000000 to go

Persembahan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Mohon doa dan dukungannya untuk mempersembahkan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina. Nama Istiqlal (merdeka) dipilih sebagai bentuk doa, harapan, dan dukungan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan Palestina, sebagaimana sejarah mencatat bahwa kemerdekaan Indonesia pertama kali di akui oleh bangsa Palestina.
Sehingga presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, membangun Masjid Istiqlal sebagai bentuk syukur atas diperolehnya kemerdekaan Indonesia.Kini saatnya kita sebagai bangsa yang besar menunjukkan kepedulian kita pada saudara kita di Palestina yang telah memperjuangkan tanah Anbiya dan kiblat pertama umat muslim, dengan mempersembahkan masjid sebagai tempat ibadah, pelatihan tahfiz quran, dan sebagai pusat perjuangan bangsa Palestina di Gaza.
Latar belakang pembagunan Masjid Istiqlal Indonesia
Distrik Ma’an, Khan Yunis, Gaza Selatan adalah salah satu kota padat penduduk di Gaza yang memiliki lebih dari 50.000 penduduk. Namun agresi militer Israel yang menyerang Gaza menyebabkan fasilitas umum seperti tempat ibadah hancur.
Salah satu masjid yang masih bertahan adalah Masjid Amiin Al-Umah Abu Ubaidah Amir bin Jarah. Masjid ini terletak tepat di pusat kota dan dekat dengan tempat dekat pemakaman syuhada, sehingga masjid terus ramai oleh jemaah sholat ataupun majelis kajian.

Masjid Amiin Al-Umah juga menjadi pusat pelatihan hafiz Alquran untuk warga Gaza. Saat ini ada 12 halaqah hafiz yang terdiri dari 229 siswa dan telah melahirkan 445 hafiz dan hafizah.

Namun kondisi Masjid Amiin Al-Umah jauh dari kata layak sebagai tempat ibadah. Masjinya sempit, sebagian tembok roboh, atap bocor, dan tidak dapat menampung Jemaah sehingga membuat Jemaah masjid sholat di luar, di antara terik dan hujan.
Ketidakstabilan ekonomi karena blokade Israel membuat warga Gaza kesulitan untuk melakukan renovasi. Akibatnya, jemaah masjid tidak hanya sholat ditempat yang seadanya, halaqah tahfiz di Masjid Amiin Al-Umah satu persatu berhenti karena minimnya fasilitas.
Kedekatan dan rasa persaudaraan yang kuat dari bangsa Indonesia membuat Palestina mempercayakan pembagunan Masjid Amiin Al-Umah kepada bangsa Indonesia, dengan nama baru yang telah saudara kita siapkan yaitu Masjid Istiqlal Indonesia.

Mari kita persembahkan hadiah terbaik untuk saudara-saudara kita di Gaza – Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published.